Riset: Tentang Negara dan Masa Depan Energi bagi Publik, Energi Terbarukan dan Transisi yang Adil

Tahun lalu project bekerja sama dengan dua periset, Diana Gultom dan Suriadi Darmoko, melakukan riset :Tentang Negara dan Masa Depan Energi bagi Publik, Energi Terbarukan dan Transisi yang Adil. Hasil ini baru kita luncurkan hari ini secara daring, silahkan unduh hasil dibawah.

Hasil riset menampilkan profil energi di Indonesia yang masih didominasi oleh bahan bakar fosil, walaupun sejak 1970an, diskursus penggunaan energi terbarukan sebagai sumber energi di Indonesia sudah didengungkan, hingga pada tahun 1997 Indonesia meratifikasi Protokol Kyoto melalui UU No 17/2004.

Melalui ratifikasi Protokol Kyoto itu, Indonesia dihadapkan pada komitmen dunia untuk mengantisipasi perubahan iklim dengan menurunkan emisi gas-gas rumah kaca sekaligus tetap peduli dan mengantisipasi transisi menuju energi terbarukan yang berkeadilan.

Secara lengkap, biarpun juga ada keterbatasan, hasil riset ini akan membantu kita dalam memahami peta politik perubahan iklim/rencana pengurangan karbon yang lebih baik serta implikasinya pada sektor energi di Indonesia. Meskipun pada kenyataan, ketergantungan akan energi berbasil fosil masih terefleksi dari proyeksi-proyeks penggunaan energi berbasis batubara hingga 2050.

Hasil riset ini kita juga mencatat bahwa serikat pekerja memiliki peran signifikan didalam pengelolaan kebijakan energi di Indonesia. Didalam perjalanannya, serikat-serikat pekerja ini kerap bekerjasama dengan elemen masyarakat sipil yang lain dalam hal memastikan ketersediaan layanan ketenagalistrikan yang adil. Karena serikat memiliki peran strategis dalam menjaga mandat PLN sebagai BUMN yang mengelola barang publik berdasarkan Pasal 33 UUD 1945.

Silahkan unduh hasil riset dibawah ini yang diterbitkan dalam 2 bahasa sekaligus, Indonesia dan English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s